banner FS2
Monday, October 24, 2011
Home »
IMK
,
interaction design
»
Analisis Antarmuka Pencarian dari Telkom.co.id
Analisis Antarmuka Pencarian dari Telkom.co.id
a. Search Usability
Nielsen (1997) menyatakan bahwa fungsi ‘Search’ merupakan elemen
antarmuka yang sangat penting, terutama bagi situs-situs besar. Situs yang
memiliki sekitar 200 halaman sebaiknya memiliki fungsi ini. Masih menurut
Nielsen (1997), antarmuka fungsi pencarian sebaiknya ditampilkan dalam bentuk
kotak, bukan dalam bentuk link.
Posisi dan desain searchbox sebaiknya:
- Searchbox harus terlihat di atas halaman; dapat ditempatkan di kanan, tengah, atau kiri
- Kata “Search” atau “Find” harus muncul dekat searchbox baik sebagai judul, label di dalam searchbox tersebut, atau tombol yang akan memicu pencarian
- Penggunaan kata “GO” adalah cara terbaik, yang terburuk adalah penggunaan simbol panah. Simbol kaca pembesar dapat digunakan sebagai eye-catcher.
- Searchbox harus diletakkan jauh dari kotak input lainnya, misalnya kotak log
- Jangan mengisi searchbox sebelum pengguna mengetikkan kata kunci yang ingin dicari (FACT-Finder 2007).
Antarmuka
fungsi pencarian harus menunjukkan informasi yang detil dengan penampilan yang
tidak membingungkan. Seorang desainer antarmuka dari fungsi pencarian harus
menyelaraskan pemilihan layout, penempatan dan jumlah ruang kosong, jenis font,
bobot, ukuran, serta penggunaan warna yang apik agar komponen tertentu dapat
dibedakan dengan jelas (Hearst 2006).
b.
Analisis kesalahan dan desain perbaikan
Analisis kesalahan:
- Jejak query tidak tertinggal dalam searchbox
Tidak ada jejak keyword setelah pengguna mengetikkan apa yang
ingin ia cari. Efek dari kesalahan ini adalah:
- Pengguna lupa keyword yang sebelumnya ia ketikkan
- Jika pengguna ingin menambahkan keyword, ia harus mengetikkan dari awal lagi
- Terdapat dua hyperlink (ditandai warna biru) yang menuju ke alamat sumber yang sama. Hal ini hanya menambah panjang halaman. Sebaiknya, URL di baris keempat ditiadakan karena sudah diwakilkan oleh judul temuan.
- Kata dalam judul yang mengandung keyword tidak ditebalkan/kurang tebal sehingga menyulitkan pembaca melakukan scanning pada teks
- Jenis font yang digunakan sulit dibedakan tebal-tipisnya
Desain perbaikan:
Berikut merupakan desain perbaikan antarmuka SERP telkom.co.id
yang dapat saya buat:
Judul
temuan berwarna biru dan bergaris bawah menandakan tulisan tersebut dapat
diklik, sedangkan URL yang berwarna hijau hanya menunjukkan alamat asal temuan
agar pengguna dapat mengetahui tanpa harus meng-hover link temuan. Kata dalam
temuan yang mengandung keyword ditebalkan dengan jelas untuk memudahkan
pengguna melakukan scanning teks dan menentukan pilihannya. Masih terdapat
kejanggalan dalam hasil pencarian yang dilakukan search engine http://telkom.co.id, yaitu hasil pencarian yang
tidak berupa kalimat - atau setidaknya kalimat yang terpotong namun dapat
ditebak maknanya- sehingga hasil pencarian dari search engine situs ini kurang
mewakili apa yang ingin dicari pengguna.
c. Referensi
FACT-Finder. 2007. Usability Study Results: Search
& Navigation. http://www.fact-finder.it/files/fact_finder_usability_study_product-search.pdf
. [23 Oktober 2011]
Hearst
MA. 2006. Design recommendations for hierarchical faceted search interfaces.
Berkeley: School of Information
Nielsen J. 1997. Search and you may find. http:// www. useit. com/alertbox /9707b.html [23 Oktober
2011]
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx