FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, February 6, 2011

Home » » Cheese-Storming

Cheese-Storming

Penasaran ama keju.

>>Processed Cheese, what's special about it?
Apa ya, bedanya keju olahan dengan keju mentah biasa semacam Permesan, Brie, Camembert, Roquifort, dan lain lain buanyak pokoknya..
Berdasarkan jawaban dari FAQ-nya kejomoo.com, "Keju Olahan adalah  keju yang sudah disesuaikan dengan kondisi cuaca, iklim, citarasa dan aplikasi yang dikehendaki oleh konsumen di negeri tempatnya dijual. Keju Mentah merupakan keju yang harus disimpan dalam kondisi pendingin dan hanya bertahan dalam jangka waktu beberapa minggu saja. Kualitas Keju Mentah sangat rentan terhadap jamur dan dapat berubah setiap saat, artinya semakin lama disimpan maka semakin berubah kualitas produk tersebut." So, dibuatlah processed cheese! That's why we're exist yo, Food Technologists, hehe.

>>Keju Cepat leleh, titik lelehnya diturunkan dengan tambahan 'suatu senyawa'-kah?
Err,, i dont have any idea 'bout it. Eh bentar, coba kita kulik komposisinya: 
Air, keju Cheddar, padatan susu, minyak nabati, pengemulsi, maltodekstrin, garam mineral, asam laktat, gula, kalium sorbat, besi pirofosfat, vit.A, vit.B, kalium iodida.

haa,, tetep ga nyambung sayah.

Coba liat detikfood
Produk terbaru milikKraft Foods ini sebenarnya adalah sejenis keju Cheddar yang berbahan dasar mozarella. Jika dulu masyarakat hanya mengenal Cheddar jenis blok dan lembaran (singles). Maka kini Kraft Quick Melt yang sudah diproses sedemikian rupa ini memiliki karakter meleleh saat dipanaskan dan memiliki rasa kenyal dan mulur yang khas.


Berbahan dasar keju mozarella. Nha, binyun gak si? Mozarella apa Cheddar? hihi. Keju cheddar terkenal dengan kekerasannya (keinget kaastengel yang bentuk kejunya tetep gitu, ga meleleh). Sedangkan mozarella terkenal dengan ke-elastisitas-annya (jadi inget pizza). Terus??

Terus sayah bingung dan memutusken untuk signout sajah, hehe. 
Any idea? Hwfh,, CMIIW please..

2 comments:

Anonymous said...

mungkin komposisi asam lemaknya beda, Va..

ingat kan semakin jenuh, maka semakin tinggi melting point nya..

CMIIW

foodie-blogger said...

he'em, kukira awalnya juga gitu,kayak coklat gitu yak? Pengen nanya juga ke kraft, tapi ga da contactnya ternyata,hehe

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx