FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, July 16, 2010

Home » » The Tabasco's mystery

The Tabasco's mystery


Tadinya sih pengen makan nasi goreng gila di Kemang. Ternyata pas di jalan, ganti objek jadi ke "Warung Pasta". Judulnya emang warung, tapi kayak resto gitu dah. Sampe sana, kayaknya ada yang salah. Tapi prasaan bukan kostum sayah yg salah, orang seari2nya bginih. Tempatnya yang salah!! Laa hawla wa laa quwwata illa billah.. Eniwei, Alhamdulillah ga disasarin spupu2 aneh dari Medan ini ke tempat dugem ajeb2. Ga deh,insyaAllah, I trust my cousins. 

Hmm,, kali ini mau share tentang Tabasco yang ada di resto itu. Yang suka jajan2 di resto pasti tau dong, Tabasco.. (saya mah taunya Tauco). Yang ga tau ya gapapa, insyaAllah ga ditanya malaikat Munkar-Nakir di alam kubur kok..  Hehe, not so important.


Nah, ini dia masalahnya, sayah jugak kaga tau sbelumnya apaan tuh Tabasco. Pas bolak-balik botolnya, tertulis pepper sauce. 'Oh, pepper.. pengen ah..' baca lagi: Made in U.S.A. ‘Heh, med in yu es e? halal gak nih?’ Trus cari2 label halalnya ternyata gada. …aged for three years in white oak… Ga brani make deh. Cukup white pepper, bubuk cabe, ama saos sambel aja.


Slama makan pasta pesenan, sayah puter2 tu botol Tabasco. ‘Baru liat ada hot sauce model gini’. Daripada sia2 samaskali kedatengan sayah di tempat inih mending cari yang bisa dipelajari kan? Ngeles. Oke, mari kita cari tau tentang Tabasco. Tulisan ini adalah sedikit hasil muter2in botol Tabasco, tanya2 ke eMbah GuGel, dan tmen2nya.
Tabasco itu katanya sih saus pedes yang spicy. Terbuat dari tabasco pepper (Capsicum frutescens var. tabasco), vinegar, dan garam. Difermetasikan selama tiga tahun dalam tong yang terbuat dari kayu ek putih (white oak barrel). Lama jugak ya? Kalo keju juga di fermentasi sih, tapi pas itu sayah ga mikir keju. Keingetnya ama anggur yang juga disimpen di tong2 kayu selama beberapa lama. Lebih mirip itu sih, jadi ga brani makannya. Adoeh, alesannya kurang ilmiah nih.


Yang buat Tabasco ini, kata labelnya, keluarga McIlhenny. Awalnya agak susah bacanya. ‘Apah? Mekelhenni? Piye sih bacanya?’ baca lg yg bener ‘oo, Mc ILHENNY.' Kirain lagi, ini nama emaknya yang bikin Tabasco. Soalnya ada Henny2nya, kan nama perempuan gitu ya. Ternyata yang nemu itu namanya bang Edmund McIlhenny. Hehehe.. 

Yang sayah penasaranin adalah, HALALkah produk ini? Ceritanya ngebet bgt pengen nyoba, gitu. Ga semua yang enggak disertifikasi Halal dari LPPOM MUI adalah haram tho? Walopun sertifikasi halal dari lembaga tersebut menjadi tolok ukur paling penting. Udah nyari2 di sini dan di sana , tapi ga da. Ya’iyalah, kalo ada pasti udah ditempel di labelnya si Tauco, eh Tabasco ntu. Keinget, biskuit dan permen produksi Indonesia juga banyak yang ga disertifikasi Halal MUI. Adanya ikon  "حلال"doang, biasanya sayah percaya2 aja ama yang uda nempel ini. Toh kalo ga halal dia yang dosa, kita sebagai konsumen kan dah aware dikit. Hhe, tentunya stelah liat juga komposisinya begimana (sok tau dikit).
Stelah tanya2 eMbah dan temen2nya ternyata mereka ga bisa declare Halal or Haram ntu Tabasco. Sayah pnasaran, buka lapak aja di Kaskus, sapa tau ada info bagus. Nah, taunya ada pegawai ‘perusahaan apa ga ngerti’ yang malah cerita kalo jelas aja gak ada sertifikasi halal MUI, selain karna impor, konsumsi di Indonesia juga dikit. Katanya sih ribet kalo mo sertifikasi halal MUI. Berikut kata beliau:

kenapa sebagian belum pasang label halal?...karena biayanya di indonesia ini termasuk mahal...kalo produk import..berarti perusahaan yg minta label halal itu harus mengirim 2 orang dari MUI untuk inspection ke negara pembuat...nah ke sana itu standard MUI sbb:



-ticket dan akomodasi untuk 2 orang pulang pergi

-uang saku per orang US$100/hari

-tidak ada batasan berapa lama di sana

-jika ternyata bahan bakunya ada dari negara di luar negara produsen, mereka juga harus inspeksi ke negara termasuk (kalo bahan bakunya diambil dari 10 negara..ya mereka harus ke 10 ..10 nya itu)



nah tabasco itu revenuenya di Indonesia itu berapa?..saya rasa masih kecil..paling ratusan juta per bulan aja udah bagus banget

apa bisa ngembaliin biaya jalan2 mereka itu?

plus lagi...sertifikat halal MUI itu...ada masa berlakunya..kalo habis..harus diulang lagi



FYI: sertifikat halal dari negara lain tidak diakui MUI...jadi kalo produk itu dari arab dan ada sertifikat halalnya...tetap tidak halal menurut MUI selama mereka belum survey sendiri!

Sedih jadinya…T.T emang sih, omongan orang ga slalu bener, apalagi di internet. Emang juga GAK semua yang ENGGAK disertifikasi LPPOM-MUI adalah haram. Ada yang karna ogah naekin harga jual, jadi mikir2 kalo mo ngurus sertifikasi tersebut. Lagi2, konsumen jadi korban.


Ujung2nya sayah prihatin ama susahnya dapetin sertifikat halal LPPOM-MUI. Hmmp,, padahal kan demi keamanan pangan umat Islam di Indonesia. Huhux,, yang sayah tau, birokrasi itu emang ribet. Tapi segitunyakah?? T.T Eleuh,, gausa sedih, di dunia in banyak yang aneh2. Berusahalah biar ga ikutan aneh. Gausa sedih juga karna belum bisa nyoba pedesnya Tabasco, kan masih ada white pepper, bubuk cabe, ama saos sambel yang halal, insyaAllahu Ta’ala.






*Ayo, semanget belajarnya!!! 
Ada yang mo kasi infokah? Im sooo happy if u like to.. 

7 comments:

Salafyipb said...

Vinegar = cuka, masa iya?

foodie-blogger said...

tadinya sayah juga bingung, 'masa cuka sih?'.
tapi Wiki bilang gitu, Kamus2 juga bilang gitu.

koreksi apa dong?

Salafyipb said...

Seinget ku beda, tapi ga inget bedanya apa, tanya dosen dong..

Diinget-inget, cuma nongol istilah "cuka buah", tapi apa maksudnya ya, jadi bingung, apa komposisinya ya. Kalo cuka ya cuma air ma asetat, kalo vinegar ada tambahan lain karna bahan awalnya tu sari buah yang isinya ga cuma gula, jadi fermentasi gula-alkohol-asetat nya dibarengi juga dengan proses lain dari bahan-bahan yang ada di sari buah selain gula. Hmmm, mungkin..

foodie-blogger said...

yah, masi tmen2nya cuka kali ye

ntar kalo dah nguli lg insyaAllah sayah caritau.
btw, thx bwt koreksinya,,

zahra said...

kalau ga salah pernah di kuliah mikpang dijelaskan, Va.. coba deh, buka bab fermentasi lagi, catatan tapi. tapi, aku khawatir salah ingat jadi ga kutulis di sini..

Salafyipb said...

Ok, sama-sama, ditunggu jawaban sebenarnya..

foodie-blogger said...

@zahra: Ntar aja ah fah, kita caritau di ITP321 ampe kenyanggg. Soalnya ga da vinegar di catetanku, hehee..adanya sauerkraut. Lagipula, kita kan berbeze kelas, mungkin ga disebut dosen di kelasku.

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx