FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, November 8, 2012

Home » » Junk Food (again)

Junk Food (again)


Alhamdulillah dapet penjelasan tentang junkfood dari twitter @blogdokter. InsyaAllah menjawab pertanyaan di postingan yang lalu tentang junkfood ini.

Junk food atau makanan sampah (ga banget ya, translasinya..) adalah makanan yg banyak mengandung kalori tetapi sangat minim kandungan gizinya. Junk food ga selalu identik dengan makanan cepat saji, sebab tidak semua makanan cepat saji sedikit nilai gizinya.

Kenapa junk food sering dituding jadi masalah?


Junk food sulit mengenyangkan sehingga orang cenderung mengkonsumsinya secara berlebihan. Orang sering lupa mengkonsumsi makanan yg sehat karena terlalu asyik 'bergaul' dengan junk food. Karena keasyikan minum soda misalnya, orang jadi nggak minat untuk minum jus buah segar yang jauh lebih sehat.

Junk food sedikit nilai gizinya krn kebanyakan diisi oleh gula, high-fructose corn syrup, tepung terigu, dan jagung giling. Makanan ringan/snacks sperti chips, permen, cookies dan teman temannya juga termasuk ke dalam kategori junk food. Ironisnya, makanan ringan/snacks ini sangat disukai anak anak bahkan juga orang dewasa.

Tidak semua menu di gerai makanan cepat saji adalah junk food tapi junk food sangat mudah ditemukan di gerai tersebut (stoedjoe!). French fries, chicken nugget, shakes, soda, dll dengan mudah kita temukan di berbagai macam gerai restoran cepat saji.

Junk food dikatakan makanan yang tidak menyehatkan karena rendah serat, tinggi kalori, tinggi lemak, tinggi gula terutama yg berbentuk cairan. Karena rasanya enak tapi kurang mengenyangkan, orang cenderung mengkonsumsi junk food secara berlebihan.
Iklan junk food di TV plus iming-iming hadiah mainan sangat ampuh menggoda anak untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Studi di Inggris (ga da sitasinya..hhe), anak-anak cenderung lebih banyak makan junk food setelah melihat iklan junk food dan iming-iming mainan di TV. 

Tips:
Saat makan di restoran cepat saji, pilihlah restoran yg memberikan pilihan menu sehat. Banyak pilihan menu sehat di restoran cepat saji seperti jus jeruk, pizza dengan topping sayuran, ayam panggang, selada, dll. Saat membelikan anak cemilan, perhatikan kandungan gizi dari cemilan itu, pilih yang rendah gula dan kalori. Batasi waktu di depan TV (atau mending gausa nonton TV aja, hehe) sehingga anda dan anak anak bisa terhindar dari iklan junk food yang menggoda.

*Prinsip penentuan “junkfood” (ada di kalimat yang di-underline n bold) mirip2 di postingan sebelumnya, dari slide presentasi dosen saya.

Siip. Alhamdulillah, demikian sekilas junkfood. Semoga manfaat. Ada yang mau nambahin? ato ngurangin? Boleeh.. (kalo ada yg baca, c.. hhe). Feel free to leave your comments! Syukran..-D

0 comments:

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx