FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, August 28, 2011

Non-Protein Nitrogen

Apa itu non-protein nitrogen?
Dalam analisis protein, yang menjadi parameter perhitungan adalah jumlah nitrogen dalam bahan pangan. kemudian secara umum dikonversi menjadi kadar protein dengan cara mengalikan jumlah nitrogen dengan faktor konversinya (mis: 6.25). Nitrogen yang bukan berasal dari protein, tentu membuat kadar protein yang dianalisis dengan metode ini menjadi lebih dari 100% . Nah, nitrogen yang berasal dari komponen yang bukan protein ini disebut non-protein nitrogen. -kok muter2 bahasnya-



Saturday, August 13, 2011

Fat Analysis: Hidrolazy Section

Kelamaan liburan hampir bikin sayah lupa ama foodscience tercintah. Hm,, gmana kalo rememorizing sesuatu.. Apa ya? Hehe,  gimana kalo skelumit cerita tentang PT kmaren alias Praktikum Terpadu (yang harga sksnya mahal thea..hfiuh, alhamdulillah 'ala kulli hal)? Iya aja dah.. Ok, Let the story begins~~~~

Peran sayah sebagai analis kimia dalem rangkaian acara PT cukup menghebohkan bagi diri sendiri. Walopun pada akhirnya ada banyak ibroh alias pelajaran yang bisa didapet.

Analis beneran
Pura2nya jadi analis beneran (hwh, pura2 apa beneran?). Bagian sayah adalah analisis kadar lemak, pake metode Soxhlet. Keinget pas anpang dulu. Sampel klompok sayah cuma tepung terigu yang tinggal timbang, masukin selongsong kertas saring, trus di-soxhlet. Ga peduli kalo sampel yang pake hidrolisis (misalnya: susu) itu ternyata butuh waktu 3 hari buat hidrolisisnyahaha. Nyang penting adalah sayah dapet data sekelas kmudian dibahas. Agak ignorant yak? Hm..
soxhlet bersinar~

The story goes..
Hidrolisis lemak dilakukan dengan mencampurkan HCl agak pekat (25%) ke sampel, plus air sedikit. Reaksi hidrolisis terjadi dengan bantuan panas dari penangas, juga asam encer sebagai katalis.