FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, August 13, 2011

Home » » Fat Analysis: Hidrolazy Section

Fat Analysis: Hidrolazy Section

Kelamaan liburan hampir bikin sayah lupa ama foodscience tercintah. Hm,, gmana kalo rememorizing sesuatu.. Apa ya? Hehe,  gimana kalo skelumit cerita tentang PT kmaren alias Praktikum Terpadu (yang harga sksnya mahal thea..hfiuh, alhamdulillah 'ala kulli hal)? Iya aja dah.. Ok, Let the story begins~~~~

Peran sayah sebagai analis kimia dalem rangkaian acara PT cukup menghebohkan bagi diri sendiri. Walopun pada akhirnya ada banyak ibroh alias pelajaran yang bisa didapet.

Analis beneran
Pura2nya jadi analis beneran (hwh, pura2 apa beneran?). Bagian sayah adalah analisis kadar lemak, pake metode Soxhlet. Keinget pas anpang dulu. Sampel klompok sayah cuma tepung terigu yang tinggal timbang, masukin selongsong kertas saring, trus di-soxhlet. Ga peduli kalo sampel yang pake hidrolisis (misalnya: susu) itu ternyata butuh waktu 3 hari buat hidrolisisnyahaha. Nyang penting adalah sayah dapet data sekelas kmudian dibahas. Agak ignorant yak? Hm..
soxhlet bersinar~

The story goes..
Hidrolisis lemak dilakukan dengan mencampurkan HCl agak pekat (25%) ke sampel, plus air sedikit. Reaksi hidrolisis terjadi dengan bantuan panas dari penangas, juga asam encer sebagai katalis. 

Abis itu, lemak dalem larutan sampel yang udah dihidrolisis berarti insyaAllah dah ga terkompleks dengan protein, air, dll. Warnanya jadi agak item. Knapa ya? Heuh, kulo mboten ngertos, nggih.. TMIYK ya.. (Tell Me If You Know)

Njut..
Langkah selanjutnya adalah………… tangkep lemak2 itu dengan kertas saring!! Yiak, menyaring lemak dari larutan hasil hidrolisis merupakan hal mudah, alhamdulillah. Namun, yang mengenaskan adalah tahap netralisasi si kertas saring yang ikutan asem gara2 HCl. Pelaksanaan tahap ini butuh waktu berjam-jam. Ampe beteee kalo kata anak2 mah. .
Btw, asam ini kudu diilangin biar ga ganggu proses ekstraksi lemak yang akan dilakukan dengan metode soxhlet gitu (kata salah1 laboran,hhe). Tapi masih blum ngerti mekanisme penghambatannya. Entahlah ya, insyaAllah sambil dicari.
Kalo udah lewat tahap netralisasi, tahap yang lain serasa aduhai, masyaAllah, tinggal dilakuin aja ga terlalu mengenaskan, alhamdulillah ga ada hambatan yg bikin heboh.

Masalahnya : netralisasi, lama nian!
Pengalaman temen: netralisasi susu butuh 3 hari. Knapa? Kertas saring yang asam disiram dengan air panas biar asamnya keluar dari filter (kertas saring). Sayangnya, ternyata proses ini membutuhkan waktu more than one day, beibeh… Padahal waktu analisis cuma 3 hari. Nahlo, kapan mo nyoxhlet cobaa? Jadilah akhirnya karna uda capek ya biarin aja tu kertas saring yang masih asem disoxhlet. Hope everything would be ok. La hawla wa la quwwata illa billah.

Alhamdulillah 'ala kulli hal. Sore2, sayah nyoba nanya ke laboran yang biasa ngebantu mahasiswa buat analisis proximat. Ternyata buat analisis kadar lemak, untuk sampel cair, beliau ga pake hidrolisis (jadi ga pake HCl dan ga netralisasi).
E: "Trus gimana dong Pak?"
L: "Sampel dituangin ke kapas, lalu kapasnya dikeringkan, kemudian di-soxhlet"
E: He? (wah, metode analisis baru! Blum ada tuh di buku anpang! Wehehe..)
*pulang

Markibas= Mari Kita Bahas
Sampel dituang ke cawan alumunium yang dilapisi kapas, kemudian dikeringkan. Sepengertian sayah, metode ini cukup make sense. Mungkin Pak Laboran bermaksud menyamakan metode analisis lemak dari sampel cair dengan metode analisis lemak dari sampel kering. Kalo sampel kering kan tinggal dimasukin aja ke selongsong kertas saring, kmudian di-soxhlet. Biasa disebut metode non-hidrolisis, untuk sampel2 yang ga dominan terkompleks dengan air atau protein(ama apalagi ya? Duh lupa!).

Sekilas metode ini cukup masuk akal ya? Menghilangkan air, kmudian memperlakukannya sama seperti sampel yang ga banyak mengandung pengompleks lemak (yaitu air/protein). Hmm, tapi kan susu/produk turunan susu juga terkompleks dengan protein dll ya? Kalo diinget2 kembali fungsi hidrolisis, setau sayah sih buat mutusin kompleks lemak dengan protein/air/lainnya. Jadi, tetep, metode hidrolisis yang terbaik buat sampel susu/produk turunan susu, khususnya susu bubuk. Kalo buat susu cair, lebih enak lagi pake Babcock, ga pake lama. Ato pake metode Gerber mungkin?

Hoahm.. Tidur, dan smoga mimpi analisis kadar lemak pake metode Babcock aja kali ya.
-mimpi yg wagu- 
another opinion? feel free 2 CMIIW! 

6 comments:

faizulfikri said...

wahhh . . jadi teringat kuliah tahun lalu *tahun ajaran lalu lebih tepatnya*
kalo analisis susu itu pake metode Babcock kan yang lebih pas?
yang bentuk tabungnya aneh itu.
kalo ga salah si kata pak DFR kayak gitu.
biar ntar fase yang larut ama polar kepisah ama fase yang larut ama non-polar.
*bener ga sih?*
~mention yang lebih jago~

foodie-blogger said...

he'em, btul3x..mendingan pake babcock dh, tapi ga adakah di lab?
kalo ga salah, metode babcock itu smua slain lemak di-dissolve ama asam sulfat, trus tinggal lemak yg di atas trus diukur. Kalo ga salah..
*lupa2inget, liat catetan unpunk egein*

hm, pak DFA gan, bukan DFR..
mention pake link

Anonymous said...

wah.. saya baru baca tulisan ini... *) ketinggalan banget ya?

tapi kita pernah diskusi tentang ini kan, Va?

foodie-blogger said...

ini yg di-mention baru dateng. Hehe
hu'um.. pernah Fah..

Anonymous said...

maaf... lupa kalau belum nge-subscribe blog ini di wp. Jadi masih mikir, belum ada tulisan baru aja..

tadinya kupikir dari non-protein nitrogen langsung ke kajian interface (itu juga karena Elva share di fb. ga ngeh juga kalau ga muncul di wp..)

sekarang udah ku-follow pakai wp, kok...

foodie-blogger said...

ga apa~~
owkeey...

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx