FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, August 14, 2010

Home » » Plastik Kresek dan Kertas Koran = Pembungkus Makanan?

Plastik Kresek dan Kertas Koran = Pembungkus Makanan?

Berita tentang bahayanya mungkin dah biasa kita denger. Tapi pas JJS (alias jajan2 sore) di sekitar kampus ato di rumah pun kita oke2 aja nerima makanan yang kita beli dibungkus koran atau kresek. Padahal pembungkus makanan memengaruhi kualitas makanannya kan? Hmm, coba kita review lagi apa kata Profesor Pur (Prof. Purwiyatno Haryadi, Dosen Ilmu & Teknologi Pangan IPB) yang sayah kutip dari vivanews, tentang ini. 

Beliau menyatakan beberapa persyaratan  wadah atau kemasan yang aman bagi kesehatan. Yaitu:
-tidak bersifat racun (non-toxic),  
-mencegah kontaminasi,
-menghambat pembusukan dan menjaga kesegaran makanan,
-melindungi dari bau,
-mudah dibuka-tutup, dan
-kemasan yang menarik.

"Timbal dalam kertas koran bisa ikut termakan dan sangat membahayakan kesehatan. Plastik kresek berwarna juga rentan menyebarkan racun."
 "Terlihat bersih belum tentu wadah tersebut bersih. Apalagi jika kemasan memang terlihat kotor bisa menjadi biang penyakit," kata Prof Pur.

BPOM RI pun sudah mengeluarkan peringatan tentang hal ini:


Kalo gambar kurang jelas, silakan donlot >>disini gan<<

Dilema buat anak kosan kayak sayah memang..(brarti sayah lagi dilema? hehem). Pengennya kan praktis2 aja, dapet yang enak, bisa ganjel perut, plus bergizi dengan duit seminimnya. Hehe.. Tapi malah dapet bonus "dengan risiko penyakit semaksimalnya". Salah sapa dong?? Penjualnya yang asal, kita yang masabodo ama ginian, pemerintah, ato mahasiswa ilmu pangan yang ga ngasi tau penjualnya?? (lho, kok jadi salah mahasiswa..) Udah, udah,, capek deuh nyalah2in orang.

Sebelum pemerintah, mahasiswa, ato LSM bertindak sehingga berefek nyata bagi para penjual yang diberi hidayah oleh Allah buat menerapken GMP, mending kita atasi pake cara kita dulu kali yaa.. Sbenernya caranya bisa macem2 terserah orangnya. Tapi tips dari emak sayah, "kalo mo jajan di luar bawa wadah sendiri". Ga perlu mahal2 wadahnya, yang penting berstandar Food Grade alias aman buat makanan & minuman. Sekalian ama bawa tas kain buat tempat wadahnya itu biar gausa pake plastik2an yang membuat kosan penuh sampah plastik T,T.
Simbol Food grade
Btw, masak sendiri emang lebih aman, insyaAllah. (Hah, mahasiswa masak?? Gak sempet kaleee..) Xixi^^

2 comments:

foodie-blogger said...

wah, ngiklan ni yei..
WOkelah, sayah dukung!!
Dengan membiarkan iklan Anda di sini tanpa bayar ongkos promosi^^.

Dyarilonia said...

Like this *sambil ngacungin jempol

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx