FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, September 7, 2011

Home » » Kajian Interface ala Newbie

Kajian Interface ala Newbie


    Sesuatu dinilai dari penampilannya. Selayak pangan yang haruslah menarik dan enak agar konsumen merasa senang mengonsumsinya, ga cuma memuaskan si perut, demikian pula halnya dengan antarmuka sebuat website. It's about using our sensory. Semakin menarik sebuah web, maka pembaca akan nyaman berlama-lama mengobrak-abrik isinya. Tentu akan semakin betah jika isinya juga menarik dan bermanfaat bagi user/pengguna.

    Okey, yang ingin sayah ulas kali ini adalah tentang antarmuka dari website http://ebookpangan.com. Berikut adalah skrinsyut home-nya:



    Menurut saya, sekilas, antarmuka website ebookpangan.com ini terlihat sedikit 'jadul' dengan penggunaan tombol menu di bagian kiri yang berbentuk strict-square. Gradasi warna yang digunakan sebagai latarnya juga kurang halus. Jika brightness tidak dapat dikurangi, mungkin tidak perlu menggunakan gradasi warna, cukup warna solid saja, misalnya abu-abu dengan tulisan berwarna hitam. Think it's better, uh-um..

    #Beralih ke halaman login.
    Halaman ini dapat dicapai setelah user mengeklik "Member Area". Hmm,, menurut saya, sebaiknya halaman login kurang enak jika harus ngeklik tombol dulu. Enaknya ditaruh di pojok kanan atas (kayak perangko ya?) atau di sidebar.

    #What's New? 


    Ketika tombol ini diklik, yang muncul adalah e-book terakhir yang diupload beserta waktu unggahnya. Namun sayang ga ada link menuju TKP. Hehe,, kalau ada kan user bisa langsung download tanpa harus mencari-cari dimana letak si e-book terbaru itu. 

    #Hal yang sama juga terjadi di halaman Katalog Ebook, seperti tampilan berikut:


    Jika di-klik kata "disini", user akan dihubungkan dengan deskripsi seluruh judul ebook. Nah, user yang hanya ingin melihat deskripsi satu atau beberapa e-book yang ditawarkan, mau-ga mau  harus melihat deskripsi semua e-book dan mencari deskripsi e-book yg dia inginkan dalam daftar. Rasanya agak kurang praktis gitu.. hhe

    #Kalau halaman Artikel dan Free Ebook, masing2 sudah punya link yang langsung menuju TKP-nya alias  pdf-nya. Bisa langsung disimpen atau dibaca saja. Karna artikel ini Free. Tapi kalau artikel di sidebar (Katalog Ebook) berbayar, kudu dipesen dulu. Penampakan judul artikel dengan link-nya seperti berikut:



    Daripada riweuh sama daftar ebook yang ga ada linknya, mending langsung aja ke sub-judul Katalog eBook di bawah tombol Kontak. 


    ... and u'll get what u need ....

    Yuhuu, segitu dulu ulasan interface web-nya. Correct me if i'm wrong, please.. And dont forget to leave ur comment below. Thanks a lot, friends!

4 comments:

Angietha Putri P said...

Sekilas melihat tampilan web melalui printscreen yang ditampilkan saya rasas kesan "jadul" itu memang pantas diberikan..
berbentuk kotak kaku dengan garis berwarna hitam,no fill colour dan tulisan berwarna hitam,membuat seolah - olah tampilan ini masih berupa coret-coretan di atas kertas, terkesan kaku.
Tetapi penggunaan warna tulisan yang berbeda terutama pada penekanan kata dalam kalimat memudahkan pengguna mencapai inti kalimat tersebut.

foodie-blogger said...

site i've commented:

http://wulandariwland.blogspot.com/2011/09/student-portal-indonesia.html

http://amaliahanna.blogspot.com/2011/09/social-bookmarking-terbesar-di.html

http://riniwindyastuti.blogspot.com/2011/09/tugas-imk-interaksi-manusia-dan.html

Dyarilonia said...

Nice :)
Hihi..

foodie-blogger said...

Sssstt...

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx