FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, September 17, 2010

Home » , , » Unsolved, Bakery Empuk?

Unsolved, Bakery Empuk?

Warning: Ini bukan artikel 'cara bikin roti empuk', karna sayah sendiripun belum pernah berhasil bikin roti yang empuknya tahan lama kayak SariRoti atau roti2 komersil lainnya. 

Hmmh,, penasaran nih, gimana cara bikin roti empuk minimal 4 hari lah. Selama ini rotinya cuma berhasil dibikin empuk saat fresh from the oven ajah, hehehe. Kira2 dua hari kemudian bisa buat nimpuk coro. 
Hot2 gitu dimakan, emang empuk, tapi feelnya kurang dapet karna sensor rasa di lidah ga bisa bekerja baik karna kepanasan. hihi, ya didinginin dikitlah..





Ada beberapa hal yang mungkin bisa disalahkan (jahat mode: On):
1. Teknik Pengolahan
Bikin roti ala rumah tangga emang beda jauh lah, ama industri besar. Kalo skala kecil skali-nya rumah tangga ngulenin rotinya cuma pake satu alat canggih gratisan dari Allahu Ta'ala, apalagi kalo bukan tangan. Amatiran kayak kita (??) kan ga tau pengadonan roti yang bagus itu berapa lama dan seberapa keras muntir2in adonannya (eh, ngaruh ga sih, hehe..). Kalo industri besar kan pake mesin2 mahal yang bisa banget diatur kecepatan dan lama pengadonannya. Mreka udah punya standarnya lah, insyaAllah..

2. Bahan Pembuatan
Nha, ini dia.. Terigu yang biasa digunakan emak2 buat bikin macem2 termasuk bikin roti kan  terigu ALL PURPOSE yang terdiri dari 50% Hard wheat dan 50% Soft wheat. Kebanyakan pengguna skala rumah tangga sepertinya belum mengenal betul perbedaan jenis2 tepung terigu. Jadi asal make aja yang 'segitiga biru', gitu. Atau bisa saja pengguna sudah tahu bahwa tepung terbaik buat roti adalah 'Cakra Kembar' atau 'Cakra Kembar Emas', kedua jenis tepung ini terdiri dari 100% hard wheat. Namun ada beberapa jenis roti yang mungkin harus dicampur dengan soft wheat agar hasilnya lebih baik. This is what not all recipes tell us. 
Kemungkinan lain adalah pada ragi yang digunakan. Kali aja Saccharomyces cerevisiae-nya udah mati sebagian karna kelamaan di toko, atau bisa juga peranakan-nya ragi merek A itu kurang bagus daripada merek B. Hehe, kalee.. Buktinya penjual di pasar deket rumah sayah bilangnya, "Ini aja mbak, yang ini lebih gede ngembangnya".


3. Apalagi yaa?
Apalagi, gan? Biar sayah pajang di first page, nih. Hehe..

NB: ngarang2 dulu gapapa lah, ntar tanya ke dosen, insyaAllah.. 
He, iya, sayah nemu link bagus resep roti macem2 nih. >>>Serba serbi Resep Roti<<

1 comments:

foodie-blogger said...

hah,, apa? resep? yang sbelah mana yha mbak?
==spam.com==

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx