FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, December 29, 2011

Home » Sudah Benarkah 'Cara Makan' Kita?

Sudah Benarkah 'Cara Makan' Kita?

Foodstory2, sebagai blog yang ditujukan untuk memuat tulisan tentang pangan, harusnya memuat adab2 makan yah? 
Hm.. Sebenernya udah banyak situs yang memuat tentang adab makan beserta penjelasannya dengan gamblang dan ilmiah. Jadi, biar ga tumpangtindih insyaAllah sayah mau share ringkasannya saja, sedikit. 

Adab Makan Seorang Muslim

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ }
“Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Bukhari no. 5376 dan Muslim 2022)
ini Lemang, hhe..
Dari hadits di atas didapet 3 adab makan yang utama:

1.     Baca "Bismillah" sebelum makan
Bukan bismillahirrahmanirrahim atau Allahumma bariklana..dst kayak yang diajarin ipinupin.Hlo, kan bilang "bismillahirrahmanirrahim" baik?“Barangsiapa yang beramal tanpa ada perintah dari kami, maka tertolak.”(Hadits shohih riwayat Muslim)

2.     Makan dengan tangan kanan
Dari Salamah bin Akwa radhiyallahu ‘anhu beliau bercerita bahwa ada seorang yang makan dengan menggunakan tangan kiri di dekat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Melihat hal tersebut Nabi bersabda, “Makanlah dengan tangan kananmu.” “Aku tidak bisa makan dengan tangan kanan,” sahut orang tersebut. Nabi lantas bersabda, “Engkau memang tidak biasa menggunakan tangan kananmu.” Tidak ada yang menghalangi orang tersebut untuk menuruti perintah Nabi kecuali kesombongan. Oleh karena itu orang tersebut tidak bisa lagi mengangkat tangan kanannya ke mulutnya.” (HR Muslim no. 2021)

3.     Ambil makanan yang terdekat
Jika makanan yang tersedia hanya satu jenis (satu piring) maka ambil yang terdekat dengan kita. Jika beberapa jenis, boleh ambil yang ga deket kita.

Oya, yang juga sering terlupa adalah… makan sambil duduk.
Dari Qotadah dari Anas, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang minum sambil berdiri. Qotadah lantas bertanya kepada Anas, “Bagaimana dengan makan sambil berdiri?” “Itu lebih jelek dan lebih kotor” kata Anas. (HR. Muslim no. 2024)
Selain hadits yang menganjurkan makan dengan duduk, ada juga beberapa hadits yang membolehkan makan sambil berdiri dalam kondisi darurat/terpaksa, seperti ketika ga ada tempat duduk. Wallahu a'lam.
Semoga kita tidak menyepelekan perkara ini. 

Ada banyak lagi sbenernya, insyaAllah kapan2 bisa disambung lagi. Kalo keburu pengen tau lebih banyak, silakan kunjungi link ini

0 comments:

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx