FOOD STORY2

"these are stories about food in crucial life"

banner FS2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, June 20, 2010

Home » » Sida rhombifolia's story

Sida rhombifolia's story

Tanaman Sida rhombifolia L. memiliki kandungan flavonoid yang diketahui dapat berfungsi sebagai antigout atau penghambat asam-urat. Untuk dapat menghambat terbentuknya asam urat, terlebih dahulu harus diketahui mekanisme penyakit tersebut. Asam urat atau gout disebabkan oleh penumpukan kadar asam urat dalam darah sehingga dapat menyebabkan peradangan/pembengkakan. Setelah mengetahui mekanisme penyakit, ditentukan selanjutnya bahwa untuk mengobatinya kadar asam urat yang ada dalam darah harus diturunkan dan pengobatan peradangan.
 Kadar asam urat dapat diturunkan dengan sifat diuretik pada obat, sedangkan peradangan dapat diobati dengan adanya antiinflamasi.

Pada tubuh, enzim Xanthin oxidase mengkatalisis oksidasi xanthin menjadi asam urat, maka enzim in harus dihambat untuk menurunkan kadar asam urat. Ekstrak flavonoid dari sidaguri mengikuti pola Michaelis-Menten, sebagai inhibitor kompetitif dari xanthin oxidase. Sesuatu dapat menjadi inhibitor jika dapat menghambat lebih dari 50% enzim yang bersangkutan.

Pada penelitian (dosen sayah) dilakukan uji perbandingan efektivitas ekstrak kasar flavonoid dengan hasil dari fraksinasinya. Ternyata, efektivitas penghambatan dari hasil fraksinasi flavonoid tidak lebih baik dari ekstrak kasarnya. Hal ini kemungkinan terjadi karena pada ekstrak kasar terjadi sinergitas flavonoid dengan komponen lain yang terhilangkan saat fraksinasi.


Cerita in sama kayak cerita flavonoid buat seledri (Apium graveolens).
Kalo crita produksi flavonoid terbanyak, Sidaguri dan Seledri yang ditanem di tempat berbeda menghasilkan jumlah flavonoid yang berbeda pula. Karena kondisi lingkungannya berbeda. Flavonoid merupakan metabolit sekunder yang diproduksi saat tanaman mengalami stres. Semakin stres tanamannya, flavonoid makin banyak diproduxi.

Seneng dah sayah kalo disuru ngaranggg,,, lalalalallallaaaaaaaaaaaaaa^^

Alhamdulillah

0 comments:

Post a Comment

CMIIW or gimme some infos! Sorry i dont support anonymous.. Tell me sumthin worth please. Thx